The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Kepemimpinan berperan sangat penting dalam meningkatkan kinerja pegawai. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan Camat terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi adalah keseluruhan pegawai negeri sipil lingkup kantor Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa yang berjumlah 22 orang. Data dikumpulkan dari kuesioner, wawancara, dan telaah dokumen. Analisis data menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji linieritas, uji hipotesis dan analisis regresi linier dengan bantuan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan Gaya Instruksi berpengaruh positif dengan tingkat korelasi lemah namun tidak signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai regresi yang menunjukkan angka positif sebesar 0,243 dan nilai signifikansi 0,2760,05. Gaya Konsultasi berpengaruh positif dengan tingkat korelasi sangat lemah dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai regresi yang menunjukkan angka positif sebesar 0,014 dan nilai signifikansi 0,9510,05. Gaya Partisipasi berpengaruh positif dengan tingkat korelasi sangat lemah dan tidak signifikan terhadap kinerja pegawai dengan nilai regresi yang menunjukkan angka positif sebesar 0,069 dan nilai signifikansi 0,7620,05. Gaya Delegasi berpengaruh positif dengan tingkat korelasi kuat dan signifikan terhadap kinerja pegawai di Kantor Kecamatan Bungaya Kabupaten Gowa dengan nilai regresi yang menunjukkan angka positif sebesar  0,674 dan nilai signifikansi 0,0010,05 dimana setiap penambahan 1 gaya delegasi maka akan menambah 0,674 kinerja pegawai. Maka dari itu, Gaya Delegasi harus dipertahankan, dimana Camat memberi ruang kepada para pegawai agar bertanggung jawab sendiri akan tugas yang dibebankan kepadanya, hal ini dapat memicu kreativitas dari para pegawai.


Keywords


Gaya kepemimpinan, Kinerja pegawai, Kantor kecamatan.