The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Pulau Arborek merupakan salah satu kampung pariwisata terbaik yang ada di Kabupaten Raja Ampat.Keindahannya menjadi daya tarik bagi para turis baik asing maupun lokal untuk menikmati keindahan pulau tersebut.Banyaknya pengunjung yang datang kepulau ini memberikan dampak perubahan pada masyarakat setempat, yang mana masyarakat juga sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal. Oleh karena itudalam penelitian ini, penulis mencoba membahasdinamika  masyarakat nelayan di pulau Arborek dalam menjaga kearifan lokal. Tujuan adalah; untuk mengetahui kearifan lokal, mengetahui kendala kedala yang dihadapi dan upaya yang dilakukan Masyarakat dalam melestarikan kearifan lokal di pulau Arborek Kabupaten Raja Ampat.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan cara pengumpulan data; observasi, wawancara, dan kepustakaan serta analisa data yang dilakukan secara akurat agar  bisa menyajikannya dalam bentuk laporan penelitian yang menjelaskan dinamika masyarakat di pulau Arborek  dalam menjaga kearifan lokal.