The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII, SMP Negeri 6 Kota Sorong. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 35 orang dengan cara Cluster Proportional Random Sampling. Data dikumpulkan dengan cara pemberian tes. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Analisis ini digunakan untuk mengetahui persentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar untuk tiap jenis kesalahan. Dari hasil penelitian diperoleh data sebagai berikut persentase tiap jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar adalah kesalahan konsep  sebesar 54, 73%  dikategorikan  dalam kategori rendah, kesalahan fakta sebesar 5,71% dikategorikan dalam kategori sangat rendah, kesalahan prinsip sebesar 53,85% dikategorikan dalam katergori rendah, kesalahan keterampilan sebesar 82,86% dikategorikan dalam kategori tinggi.