ANALISA TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN MOBIL PENUMPANG UMUM PADA TRAYEK SORONG – KLAMONO

Authors

  • Valens Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Faried Desembardi Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Rusmin Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Iqbal Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Asrul Saputra Universitas Muhammadiyah Sorong

DOI:

https://doi.org/10.33506/jimats.v3i01.3163

Keywords:

Tingkat Pelayanan, Ability To Pay, Willingness To Pay

Abstract

Seiring dengan mobilitas penduduk yang cukup signifikan maka perlu adanya analisa tingkat pelayanan yang nantinya akan memenuhi syarat dalam penggunaan jasa angkutan umum.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja atau tingkat pelayanan angkutan umum penumpang dari segi kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu serta menganalisa penentuan tarif angkutan umum penumpang yang melayani trayek Sorong - Klamono dengan menggunakan metode Ability To Pay (ATP) dan Willingness To Pay (WTP). Metode yang di gunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuntitatif yang didalamnya berisikan survey dan kuisioner atau angket sebagai instrumen penelitian serta dokumentasi. Data yang dihasilkan kemudian akan diolah dan dianalisis sesuai tujuan penelitian. Adapun hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tingkat pelayanan pada angkutan umum trayek Sorong – Klamono berdasarkan indikator penilaian prestasi kerja dari parameter kenyamanan, keamanan dan ketepatan waktu dikatakan masih dalam kondisi baik serta keinginan pengguna untuk membayar jasa angkutan lebih besar daripada kemampuan membayarnya dikarenakan pengguna mempunyai penghasilan yang  relatif  rendah tetapi utilitas atau manfaat yang dirasakan pengguna terhadap jasa tersebut sangat tinggi

References

Herry Margo, (2017), Teknik Sampling. Penerbit Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Ishmah Fauzyyah, (2016), Analisis ATP dan WTP Terhadap Keputusan Penentuan Kelas Iuran Jaminan Kesehatan Pada Sopir Angkot Di Kota Semarang, Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Pemerintah No. 74 Tahun 2014 Bab 2 Pasal 2 Tentang Jenis Pelayanan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Umum Trayek.

Salim. A (1998), Menejemen Transportasi. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Sullivian (2014), Tarif-Tarif Moda Transportasi Umum.

Tamin, Ofyar. Z (2008), Perencanaan, Pemodelan dan Rekayasa Transportasi. Penerbit ITB, Bandung.

Warpani, S. (1990), Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Bharata Karya Aksara, Edisa kedua, Jakarta.

YI Wicaksono, (2014), Analisis Kemampuan Membayar Tarif Angkutan Umum Kota (Studi Kasus Pengguna Jasa Angktutan Kota Pada Empat Kecamatan Di Kota Semarang, Universitas Diponegoro, Semarang.

Zullfiar Sani, (2011), Transportasi Publik, Jakarta : Universitas Indonesia

Downloads

Published

2024-01-31

How to Cite

Valens, Faried Desembardi, Muhammad Rusmin, Iqbal, & Asrul Saputra. (2024). ANALISA TINGKAT PELAYANAN ANGKUTAN MOBIL PENUMPANG UMUM PADA TRAYEK SORONG – KLAMONO. Jurnal Ilmiah Teknik Sipil (JIMATS), 3(01), 031–037. https://doi.org/10.33506/jimats.v3i01.3163

Most read articles by the same author(s)