Klan Politik Keluarga Patjiddai dalam Pilkades di Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar

Authors

  • Nurul Istiqomah Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Muhammad Saleh Tajuddin Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar
  • Fajar Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar

DOI:

https://doi.org/10.33506/jf.v9i1.2310

Abstract

Studi ini membahas tentang Klan Politik Keluarga Patjiddai dalam Pilkades di Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar, pokok permasalahan yang di bahas dalam studi ini ialah bagaimana pembentukan klan politik keluarga patjiddai di Desa Katumbangan dan faktor-faktor apa saja yang mendasari sehingga keluarga patjiddai masih terlibat/eksis di ranah politik sampai saat ini di Desa Katumbangan.Tujuan dari studi ini adalah untuk menganalisis penyebab sehingga klan kepala desa bertahan pada satu keluarga meskipun pemilihan diadakan secara langsung dan terbuka. Dalam studi ini penulis menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif kemudian menyimpulkan data dan informasi melalui data di lapangan dengan tehknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data serta penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah awal mulanya terbentuk klan keluarga Patjiddai ada karena Patjiddai telah menghadirkan Klan itu sendiri di keluarganya oleh sebab itu kekuasaan yang telah dibangun oleh Patjiddai langsung diteruskan ke anak serta cucu-cucunya, agar kekuasaannya tetap terus berjalan hingga terus-menerus. Keluarga Patjiddai bisa bertahan sampai saat ini di ranah politik disebabkan karena dalam proses pilkades keluarga Patjiddai juga menggerakkan sumber daya yang benar-benar mendukung dengan sepenuh hati dan faktor ekonomi serta sumber daya alam yang dikuasai oleh klan patjiddai di Desa Katumbangan. Keberhasilan dalam mempertahankan klan di tunjang oleh masyarakat Desa Katumbangan yang berhasil di gerakkan untuk tetap mendukung calon dari keluarga Patjiddai.

References

Pahruddin. 2017, Dinasti Politik Pemerintahan Desa di Kabupaten Polewali Mandar, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Sulawesi Barat.

Haryanto. 2014. Klanisasi Demokrasi (Politik Klan Qahhar Mudzakkar di Sulawesi Selatan), Yogyakarta: Polgov.

Riawati Selly, 2010, Teori Tentang praktik: Sanduran Outline of a Theory of Practice karya Pierre Bourdieu, Ultimuz: Departemen Antropologi UNPAD.

Riswandi, Reskiyanti, Anggriani, Klan Politik : Studi tentang rivalitas caleg keluarga padjalangi halid pada pemilu serentak 2019, Jurnal politik profetik,Vol. 7, No. 2 Tahun 2019

Muh. Ridha T.R, Dilema Pelembagaan Partai Golongan Karya (Golkar) di Tingkat Lokal : Fenomena Politik Klan, Jurnal Ilmu Pemerintahan, Vol. 2 No. 1, April 2016.

Yuliana, Syarifuddin Jurdi, Fajar. Politik Kooptasi Karaeng Terhadap Hak Pilih Buruh Tani Pada Pilkada Serentak Tahun 2015 Di Kabupaten Bulukumba. Jurnal VOX POPULI, Volume 2, Nomor 1, Juni 2019.

Nuranda Tato. Wawancara berlangsung pada tanggal 8 Februari 2022, di Kantor Desa Katumbangan, pukul 13.41 wita.

Idrus. Wawancara berlangsung pada tanggal 8 Februari 2022, di Kantor Desa Katumbangan, pukul 13.41 wita.

Dermawan. Wawancara berlangsung pada tanggal 8 Februari 2022, di Kantor Desa Katumbangan, pukul 12.00 wita.

Nasir. Wawancara berlangsung pada tanggal 9 Februari 2022, di kediaman beliau, pukul 13.41 wita.

Published

2023-03-10

How to Cite

Istiqomah, N. ., Saleh Tajuddin, M. ., & Fajar. (2023). Klan Politik Keluarga Patjiddai dalam Pilkades di Desa Katumbangan Kecamatan Campalagian Kabupaten Polewali Mandar. Jurnal Fase Kemajuan Sosial Dan Politik: Faksi, 9(1), 15–29. https://doi.org/10.33506/jf.v9i1.2310

Issue

Section

Articles