The PDF file you selected should load here if your Web browser has a PDF reader plug-in installed (for example, a recent version of Adobe Acrobat Reader).

If you would like more information about how to print, save, and work with PDFs, Highwire Press provides a helpful Frequently Asked Questions about PDFs.

Alternatively, you can download the PDF file directly to your computer, from where it can be opened using a PDF reader. To download the PDF, click the Download link above.

Fullscreen Fullscreen Off

Abstract


Abstrak


Universitas Muhammadiyah Sorong merupakan satu-satunya Universitas swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berada di Kota Sorong Provinsi Papua Barat. Pada setiap tahunya Kampus Universitas Muhammadiyah menyelenggarakan Ujian Tes Masuk Perguruan Tinggi. Pada sistem awal pelaksanaan Ujian bagi Calon Mahasiswa Baru di Kampus Universitas Muhammadiyah Sorong masih secara manual, masih menggunakan kertas, alat tulis dan masih memerlukan waktu yang banyak dalam mengerjakan soal serta hasil penentuan jurusan berdasarkan nilai ujian masih di umumkan di papan pengumuman. Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi yang dapat digunakan untuk memudahkan panitia ujian dalam pelaksanaan ujian, pengoreksian jawaban, menentukan nilai serta penentuan jurusan bagi calon mahasiswa berdasarkan nilai hasil ujian dan mengurangi estimasi waktu dalam pengerjaan soal ujian.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode Waterfall untuk pengembangan perangkat lunak dengan tahapan Analisis Kebutuhan, Desain Sistem, Implementasi (coding), Pengujian, Penerapan dan Pemeliharaan Sistem. Sistem Informasi ujian ini di bangun menggunakan Bahasa Pemograman PHP 5.6.31 d dan MySql 4.8.2. Kemudian Perancangan Database menggunakan UML dan ERD . Implementasi Sistem Informasi Ujian ini meliputi Pengerjaan Ujian, Pembuatan Soal, Data Peserta Ujian dan Calon Peserta dapat mengetahui nilai hasil ujian dan Penentuan lulus ke jurusan berdasarkan perolehan nilai ujian.


Keywords


Sistem Informasi Ujian Online, Waterfall, PHP, Mysql