Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Dosen Menggunakan Metode Agile Feature

Authors

  • Fuad Mumtas Universitas Negeri Jakarta
  • Murien Nugraheni Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.33506/insect.v10i1.3648

Keywords:

Evaluasi, Monitoring, Agile Feature, User Acceptance Test (UAT)

Abstract

Tantangan dalam proses monitoring dan evaluasi perkuliahan yang dilakukan secara manual pada Fakultas Teknik seringkali mengalami masalah seperti duplikasi data, dan waktu analisis yang lama. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah sistem informasi untuk monitoring dan evaluasi perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode Agile Feature untuk mempermudah pengisian data monitoring dan evaluasi perkuliahan oleh Penanggung Jawab mata kuliah, serta mempercepat dan mempermudah proses analisis dan kalkulasi kehadiran dosen. Fakultas Teknik. Setelah fitur-fitur pada sistem selesai dikembangkan, berikutnya dilakukan pengujian dengan User Acceptance Test (UAT) untuk mengevaluasi tanggapan pengguna. Data kuantitatif dari UAT digunakan untuk menilai tingkat penerimaan dan kesiapan pengguna dalam menggunakan sistem. Hasil dari penelitian ini yaitu berupa aplikasi berbasis website untuk melakukan Monitoring dan Evaluasi Perkuliahan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta, yang dapat memberikan hasil rekapitulasi dari monitoring dan evaluasi perkuliahan yang terdiri dari monitoring dan evaluasi awal, monitoring dan evaluasi tengah, monitoring dan evaluasi akhir, dan monitoring dan evaluasi satu semester.

References

Hardiansyah, A. D., Dewi, C. N. P. “Perancangan Basis Data Sistem Informasi Perwira Tugas Belajar (SIPATUBEL) Pada Kementerian Pertahanan. Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya (SENAMIKA),” 222-233, 2020.

Ripai, I. “IMPLEMENTASI DAN USER ACCEPTANCE TEST (UAT) APLIKASI INTEGRATED LIBRARY SYSTEM (INLIS Lite) DI MTs NEGERI 7 KUNINGAN,” ICT Learning, 7(1), 2023.

Sampurno, I. A. W., Susrama, I. G., dan Sugiarto. “Sistem Terintegrasi Uji Kompetensi Lembaga Sertifikasi Profesi. Jurnal Penelitian Politeknik Penerbangan Surabaya,” 05(03):181-191, 2020.

Wardhana, W. G., Arwani, I., dan Rahayudi, B. “Implementasi Teknologi Restful Web Service Dalam Pengembangan Sistem Informasi Perekaman Prestasi Mahasiswa Berbasis Website (Studi Kasus: Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya),” Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer. 04(02):680-689, 2020.

Wulandari, A. T., Wirasto, A., & Nisa, K. “Pengembangan Aplikasi Peminjaman Ruang Berbasis Web dengan Metode Agile Feature Driven Development pada Universitas Harapan Bangsa,” In Seminar Nasional Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (pp. 181-193), 2023.

Darmawan, D. “Sistem Informasi Penjualan Pada Hiikyy Store Berbasis Website,” Simpatik: Jurnal Sistem Informasi dan Informatika. 2(2):109-118, 2022.

Idrus, L. “Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran,” ADAARA:Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2):920-935, 2019.

Dubey, A., Chaturkar, K., Pawar, R., Sarode, A., & Shirbhate, D. “MONGODB: A Comprehensive Review,” International Research Journal of Modernization in Engineering Technology and Science, 5(11), 1-16, 2023.

Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. “GUGUS PENJAMINAN MUTU (GPJM),” 2022, Retrieved from FT UNJ: https://ft.unj.ac.id/gugus-penjaminan-mutu-gpjm/

Hendri, Meisak, D. Agustini, S. R. “Penerapan Metode Prototype pada Perancangan Sistem Informasi Penjualan Mediatama Solusindo Jambi,” STORAGE - Jurnal Ilmiah Teknik dan Ilmu Komputer. 1(4):1-11, 2022.

Published

2024-03-31

How to Cite

Mumtas, F., & Nugraheni, M. (2024). Pengembangan Sistem Informasi Monitoring Dan Evaluasi Dosen Menggunakan Metode Agile Feature. Insect (Informatics and Security): Jurnal Teknik Informatika, 10(1), 21–29. https://doi.org/10.33506/insect.v10i1.3648

Issue

Section

Articles