SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS BERDASARKAN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) PADA KANTOR BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA SORONG

Authors

  • Ikhwan Pramadya Putra Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Hermanto Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Ichwan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Sistem Informasi, BMKG, Sorong

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis sistem penilaian prestasi kerja berdasarkan sasaran kerja pegawai (SKP) dalam penilaian kinerja pegawai negeri sipil di BMKG Sorong, dan untuk mengetahui faktor penghambat sistem informasi administrasi penilaian prestasi kerja. Metode dalam penelitian ini adalah menggunakan penelitian Deskriptif Kualitatif, dengan sampel dalam penelitian ini 10% dari jumlah pekerja atau pegawai yang berada di kantor BMKG sorong. Sesuai dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif, maka penelitian ini tidak memilih sampling yang bersifat acak melainkan menggunakan teknik dampling bersifat “purposiveâ€. Dari hasil analisis penilaian prestasi kerja pada kantor BMKG sorong yang menjadi faktor penghambat bagi sistem informasi administrasi penilaian prestasi kerja yaitu kurangnya personil pegawai yang kurang memadai atau kurang ideal, pengembangan penerapan sistem administrasi di kantor tersebut sudah sangat baik SKP yang dipergunakan sekarang sudah efisien dan lebih lengkap dari sebelumnya.

 

References

Al Fatta, Harif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi untuk keunggulan Bersaing Perusahaan & Organisasi Modern. Andi Offset Yogyakarta.

BKN, 2011.Manajemen Kepegawaian, Badan Kepegawaian Negara RI : Jakarta.

Buku-buku sutrisno,Edy. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT. Prenada Media Group: Jakarta

Carolina Niken. 2010. Komponen Sistem Informasi Manajemen. Edit Entri. Minggu 3 Januari 2010.jakarta.

Dyah Ayu Lestari Windi Astuti, Penciptaan Sistem Penilaian Kinerja Yang Efektif Dengan Assesment Center (2006) 1-12

Fernando. Agripa, 2011, “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai Dalam Organisasi Sektor Publik’ Program Sarjana Fakultas Ekonomi. Universitas diponegoro. Semarang.

Jogiyanto.2001. Analisis dan Desain Sistem informasi.:Andi. Yogyakarta

Mulyadi dan Setyawan (2001), Sistem Perencanaan dan Pengendalian Manajemen: Sistem Pelipatganda Kinerja Perusahaan, Edisi 2.:Salemba Empat Jakarta

Oetomo, B.S.D.2003. perencanaan dan pembangunan sistem informasi.:Andi. Yogyakarta

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Republik Indonesia (1999), Undang-Undang No. 43 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 8 Tahun 1974 tentang pokok-pokok Kepegawaian.

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Sutabri, Tata. 2012. Analisis & Desain Sistem Informasi. Penerbit Andi Offset: Yogyakarta.

Sutabri, Tata. 2005. Sistem informasi manajemen. Bandung: informatika.

Soekanto, Soerjono. 1985. Karl Mannhein, Sosiologi, Sistematis: Rajawali. .Jakarta

Sunarso, Kamanto. 2000. Pengantar Sosiologi.: Lembaga Penerbit FE-UI. Jakarta

Soeprihanto, John (2001), Penilian Kinerja dan Pengembangan Karyawan, Edisi 1,: BPFE. Yogyakarta

http://www.sorongkota.go.id/pemerintahan/visi-dan-misi

http://www.kp3k.kkp.go.id/kkji/index.php

Downloads

Published

2019-11-07

How to Cite

Putra, I. P., Suaib, H., & Ichwan, S. (2019). SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI PENILAIAN PRESTASI KERJA PNS BERDASARKAN SASARAN KERJA PEGAWAI (SKP) PADA KANTOR BADAN METEOROLOGI KLIMATOLOGI DAN GEOFISIKA SORONG. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 7(1), 80–88. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/683

Most read articles by the same author(s)