KEBIJAKAN PIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI DINAS PARIWISATA KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. SORONG

Authors

  • Lorna Tipawael Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Muhammad Ridha Suaib Universitas Muhammadiyah Sorong
  • Saiful Ichwan Universitas Muhammadiyah Sorong

Keywords:

Kebijakan Pimpinan, Prestasi Kerja, Kabupaten Sorong.

Abstract

kerja pegawai Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong; Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kebijakan pimpinan terhadap prestasi kerja pegawai Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong; Untuk mengetahui apakah prestasi kerja bisa mempengaruhi prestasi kerja pegawai Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah Observasi; Wawancara; dan Dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan pada bulan juni hingga januari 2017. Populasi pada penelitian ini ialah seluruh pegawai Dinas kebudayaan, pariwisata, pemuda dan olahraga. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan sampel data, dengan demikian sampel data yang diambil dalam penelitian ini berjumlah 10 responden (purposive sampling) atau 5% dari populasi yang ada. Hasil penelitian menunjukkan Kepala Dinas Pariwisata, pemuda dan olahraga selalu megeluarkan kebijakan yang bertujuan untuk menambah motivasi kerja pegawai sehingga menghasilkan prestasi kerja yang baik; Kekurangan dana atau anggaran dalam melakukan tugas oprasional dalam hal ini pengangkatan karir pegawai di dinas pariwisata pemuda dan olah raga kabupaten sorong ini masih terhambat; Peningkatan prestasi kerja pegawai sangat berpengaruh besar dimana semakin meningkanya etos kerja pegawai,kedisiplinan pegawai, dan loyalitas yang tinggi terhadap tugas dan tanggung jawab yang di berikan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa kebijakan pimpinan berpengaruh terhadap prestasi dan kinerja pegawa Dinas Kebudayaan, Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Sorong.

 

References

Bogdan dan Taylor. 1975. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remadja Karya.

Istianto, Bambang. 2009. Manajemen Pemerintahan Dalam Persepektif Pelayanan Publik. Mitra Wacana Media. Jakarta.

Moleong, Lexy, 2002, Metode Penelitian Kualitatif. CV. Remaja. Bandung.

PP Kabupaten Sorong No.5 Tahun 2010 Tentang pemanfaatan pariwisata dan kebudayaan dan olahraga.

Peraturan Daerah Kabupaten Sorong Nomor 12 Tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Perangkat Daerah Kabupaten Sorong.

Simatupang, J. H., Pabalik, D., & Nurchasanah, S. (2019). Peranan Disiplin Kerja Pegawai Terhadap Efektifitas Pelayanan Masyarakat Di Distrik Sorong Manoi Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 44-51.

Syama, M., Amiruddin, A., & Purnomo, A. (2019). Faktor Motivasi Dalam Kinerja Pegawai Pada Badan Kepegawaian Daerah Kota Sorong. Jurnal Faksi: Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 2(2), 12-20.

Widyatmini, dan Luqman Hakim. 2008. Hubungan Kepemimpinan, Kompensasi, dan Kompetensi Terhadap Kinerja Pegawai Dinas Kesehatan Kota Depok. Jurnal Ekonomi Bisnis No.2 Vol.13. Hal: 163-170.

Downloads

Published

2019-11-07

How to Cite

Tipawael, L., Suaib, M. R., & Ichwan, S. (2019). KEBIJAKAN PIMPINAN TERHADAP PRESTASI KERJA PEGAWAI NEGERI SIPIL (PNS) DI DINAS PARIWISATA KEBUDAYAAN PEMUDA DAN OLAHRAGA KAB. SORONG. Jurnal GRADUAL: Governance Administration and Public Service, 7(1), 14–20. Retrieved from http://ejournal.um-sorong.ac.id/index.php/gl/article/view/677

Most read articles by the same author(s)